Sabtu, 16 November 2013

Keistimewaan berwudhu



Walau kelihatannya sederhana, berwudhu ternyata menyimpan sejumlah keistimewaan. Hasilnya pengamatan seorang dokter bernama dr. Sagiran dalam buku yang ditulisnya bersama Madya Wiratsongko bertajuk Mukjizat Gerakan Shalat menemukan hasil yang mengejutkan. Dari hasil pengamatan, sejumlah orang yang di usia tuanya menderita sakit asma, bronhetis, mudah terserang flu dan batuk, ternyata mereka tidak melakukan wudhu secara benar. Lalai dalam berwudhu menyebabkan mereka mudah terserang penyakit.
Posisi seseorang pada saat mencuci kedua kakinya memaksa orang tersebut untuk menggerakkan otot-otot tubuhnya secara keseluruhan. Gerakan berdiri satu kaki, saat kaki lainnya sedang dicuci, menjadi sebuah olah jasmani tersendiri. Dan yang paling penting posisi berwudhu seperti itu menjaga keseimbangan syaraf. Adanya keharusan menggosok-gosokan anggota tubuh saat berwudhu, dapat membantu melancarkan peredaran darah.
Kebiasaan berwudhu mengajak seseorang untuk selalu memperhatikan kebersihan anggota tubuhnya. Sehingga, mencegah kemungkinan timbulnya berbagai penyakit yang mungkin mengintai sedini mungkin.
Sebuah hadist sangat menganjurkan berwudhu dan menjanjikan ampunan bagi siapa pun yang melakukannya dengan benar. Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa berwudhu lalu ia membaikkan wudhunya dan shalat 2 (dua) rakaat dengan tidak berkata kepada dirinya dalam kedua rakaat itu dengan sesuatu dari dunia maka ia keluar dari dosa-dosanya seperti ia dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ditulis Oleh : ronnyoctavian13 // 19.35
Kategori: